Home » , , » Cara Menulis Artikel Yang Baik dan Enak Dibaca

Cara Menulis Artikel Yang Baik dan Enak Dibaca

Cara Menulis Artikel Yang Baik dan Enak Dibaca
Cara Menulis Artikel Yang Baik dan Enak Dibaca
Nah, dalam kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana Cara Menulis Artikel Yang Baik dan Enak Dibaca. Cara ini sangat berguna bagi anda yang sedang belajar menulis di blog, agar tulisan anda enak dan mudah dibaca sehingga dapat memikat hati pengunjung.

Tapi, kalau anda ingin artikel anda muncul di halaman per tama Search Engine seperti Google, anda silahkan mempelajari Cara Menulis Artikel Yang Seo Friendly. Karena apabila artikel anda berada di halaman pertama Google maka, besar kemungkinan banyak orang akan membaca artikel anda. Tapi, kalau menurut saya itu kurang. Kenapa ? Karena ada faktor lain yang membuat artikel anda banyak dikunjungi orang, yaitu kualitas artikel anda. Artikel yang mudah dipahami dan dibaca pasti akan membawa kesan tersendiri dari para pembaca. Dan, akhirnya blog anda akan di like, subscribe atau di follow karena terkesan dengan isi artikel anda.

Untuk itu, dalam penulisan artikel di blog, hendaknya jangan memperhatikan faktor mesin saja (Search Engine), tapi sebaiknya juga memperhatikan faktor manusia. Berikut ini adalah tips dari saya tentang Cara Menulis Artikel yang Komunikatif dan Enak Dibaca.

1. Buat Judul yang Keren

Jadi, judul artikel hendaknya anda buat sebaik mungkin, yang mana artikel itu dapat memikat para pembacanya. Karena rata-rata calon pengunjung itu cenderung membaca judulnya terlebih dahulu, baru kemudian membaca isi artikelnya. Sebaiknya judul yang baik antara lain yang bersifat kontroversial, bikin heboh, bikin penasaran, dan hot. Contoh judul artikel yang baik antara lain adalah : Situs Facebook Akan Tutup Tahun 2014

2. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Penggunaan bahasa pada artikel sebaiknya menggunakan bahasa yang baik dan mudah dipahami oleh pengunjung blog. Sebisa mungkin hindari penggunaan bahasa gaul, alay, lebay, bahkan bahasa yang intelek sekalipun. Lebih baik kita gunakan bahasa Indonesia yang baku sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Kita itu perlu menyadari bahwa pembaca blog bisa siapa saja, dalam artian bisa anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua sekalipun. Sehingga asumsinya, tingkat pendidikan mereka tidak sama.

3. Seolah-olah Anda Sedang Berbicara

Ini adalah komponen penting yang perlu dilakukan adanya latihan intensif dari anda sendiri. Kemampuan penyampaian informasi dan perbendaharaan kata anda, adalah kuncinya. Untuk itu, sebaiknya anda mulai untuk membiasakan menulis sendiri, agar kualitas tulisan anda akan semakin baik dari hari ke hari.

4. Lengkapi dengan Gambar yang Menarik

Artikel tanpa gambar bagaikan sayuran tanpa garam. Anda pasti mengerti kan rasanya? Ya, pastinya artikel tanpa gambar itu sangat membosankan dan bisa membuat pembaca jenuh. Untuk itu, sebaiknya dalam membuat artikel selalu dilengkapi dengan gambar.
 
5. Sajikan Informasi yang Bermanfaat

Pengunjung blog yang dalam hal pembaca, mereka sangat cenderung membaca artikel yang berupa informasi yang bermanfaat bagi dirinya. Mereka sangat berharap bisa memperoleh informasi yang dicarinya. Selain itu, mereka juga berharap bisa mendapatkan wawasan baru, pengetahuan baru, dan ilmu baru dari artikel yang mereka baca. Bagaimana kalau artikel tentang curhat ?  Nah, disitulah masalahnya. Coba anda bayangkan seandainya situs Kompas.com itu isi artikelnya tentang curhat semua. Sudah bisa dipastikan para pembaca nya akan malas berkunjung di situs itu.

Sekian yang bisa saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan
Sampai Jumpa dan Salam SUKSES

4 komentar: