Home » , » Pengertian Hosting dan Domain

Pengertian Hosting dan Domain

Pengertian Hosting dan Domain
Sebelum saya menjelaskan apa itu Hosting dan Domain silahkan lihat video ini terlebih dahulu : http://www.youtube.com/watch?v=4dyqTSCi0pg

Nah, di video tadi sudah dijelaskan secara singkat apa itu Hosting dan Domain. Menurut Wikipedia Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL, atau DNS.  

Sedangkan Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.

Jadi, seperti pada video tadi  Hosting itu pada dunia nyata seperti sepetak tanah. Jadi, kalau misalnya kapling yang besarnya 250 m2 sama dengan  Hosting yang besarnya 250 mb ini misalnya. Kalau sepetak tanah dalam dunia nyata bisa dibuat suatu bangunan seperti rumah kantor maupuntoko. Kalau dalam internet bangunan itu adalah Website. Pastinya agar orang tahu tempat toko, rumah maupun kantor dibutuhkan alamat maka Domain itu adalah alamat Website kita. Jadi, website kita itu membutuhkan Website dan Domain.

Ada beberapa website yang menjual Hosting dan Domain secara gratis maupun bayar seperti :
dan yang lainnya

Dan juga ada yang perlu diperhatikan kalau kita hendak membeli Domain itu harus siapa cepat dia dapat. Jika kita telat satu detik saja maka Domain itu sudah jadi milik orang lain. Maka alangkah baiknya website dibelikan domain dulu walaupun belum dipakai.

Demikian  yang bisa saya sampaikan mohon maaf apabila ada kesalahan sampi jumpa dan salam SUKSES

1 komentar: